07 Juli 2014

Creative - Membuat Album Foto Keluarga

Libur telah tiba Libur telah tiba Hore Hore Hore !!

Asiknya liburan telah datang. Dua minggu lamanya liburan semesteran kali ini. Dan tahun ini bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan. Alhasil, liburan kali ini ga jalan-jalan dulu. Nah, untuk mengisi waktu liburan yang lumayan panjang ini saya memutuskan untuk melanjutkan proyek saya yang tertunda, proyek apa? Proyek bikin album. Tapi bukan album rekaman, melainkan album foto. Hihihi
Album foto kali ini bukanlah album foto biasa. Album foto kali ini lebih terkonsep sehingga enak  untuk dilihat berkali-kali karena ada cerita di dalamnya. Konsep yang akan saya pakai kali ini adalah mengumpulkan foto-foto lama keluarga dan foto-foto terbaru, dari yang bayi-bayi sampai sudah pada besar. Dari foto jadul sampai foto ter up to date. :D Walaupun sekarang jamannya album foto digital (seperti di facebook) namun, kita masih membutuhkan album foto manual untuk menyimpan segala kenangan kita.
Sengaja saya share disini supaya bisa membantu kawan-kawan yang lagi cari ide tau inspirasi untuk membuat album foto unik nan kreatif dengan budget yang relatif ekonomis. :D Bisa untuk keluarga tercinta atau hadiah ulang tahun sahabat. Yang jelas pasti sangat berkesan. Apalagi kalau dibuatnya dengan penuh cinta :D

Langsung aja yuk, siapkan alat dan bahannya!
Alat dan Bahan:
  • Album foto tempel (saya memilih album dengan dasar hitam agar lebih elegan (?) :D
  • Kumpulan foto-foto lama dan baru
  • Kertas2 cantik, seperti  origami bergambar/ kertas kado
  • Lem, gunting
  • Stiker & Kumpulan Quotes kata-kata mutiara tentang Keluarga


Caranya :
  1. Siapkan semua foto-foto lama, gunting pinggirannya dan buatlah bentuk-bentuk unik. Misalnya bentuk Heart.
  2. Foto-foto tersebut diurutkan berdasarkan waktu peristiwa, dari yang paling ‘jadul’ sampai terbaru.
  3. Desain semenarik mungkin, kalau bisa, pasang foto jadul dan foto terbaru dengan pose yang sama, sehingga terlihat perbedaannya.
  4. Potong kertas origami menjadi pita-pita panjang untuk hiasan
  5. Tambahkan quotes-quotes menarik agar menjadi lebih hidup 
  6. Tambahkan pula catatan-catatan tahun-tahun di fotonya.


Cover depan saya beri hiasan seperti ini
 Buat cover depan terlebih dahulu. Pasang judul yang menarik.


Halaman pertama ini harus dibuat semenarik mungkin, bisa juga dipakai untuk lembar persembahan. (udah kayak skripsi aja :D) Untuk pembuka, saya menuliskan kutipan bagus dari buku Chicken Soup yang saya suka sekali..
"Kamu tidak dapat memilih keluargamu, Mereka adalah hadiah Tuhan untukmu.
Seperti kamu untuk mereka." - Desmond Tutu


Halaman pertama saya pasang Family Tree (pohon keluarga),
Caranya: Print gambar pohon keluarga yang saya cari dapat dari google, boleh juga di buat sendiri. Pohon keluarga bermanfaat untuk melihat silsilah keluarga kita. Semakin banyak, semakin menarik. Pohon keluarga yang saya buat adalah perpaduan keluarga ayah dan keluarga mama. Sayangnya, saya tidak punya foto Mbah kakung-mbah putri dari garis ayah, karena mereka wafat saat ayah saya masih kecil. Jadi foto mereka hanya saya simboliskan saja.
Selain itu, pohon juga mempunyai arti filosofi dalam keluarga, seperti quotes dibawah ini yang saya pasang di sebelah gambar Family Tree
Family, like branches in a tree, we all grow in different directions, yet our roots remain as one.


Halaman berikutnya adalah foto pernikahan orang tua dulu. Pernikahan yang sangat sederhana. Dan disebelahnya adalah foto keluarga dulu (thn 1999) dan terakhir diambil (2013). Lucunya, kedua foto ini sama-sama berlokasi di kebun binatang.

Halaman berikutnya adalah halaman Profil ayah dan mama saya.


Yang ini sisi untuk anak pertama dan kedua
Supaya lebih menarik, tempelkan stiker-stiker lucu. Kali ini saya menempelkan cartoon yang karakternya mewakili orangnya. :D

Halaman selanjutnya untuk anak ketiga dan keempat. Tambahkan foto yang menggambarkan hobi si empunya foto. Contoh: Adik saya yang perempuan suka sekali wisata kuliner, sehingga saya memasang fotonya sedang makan :D 

Halaman berikutnya untuk anak kelima dan sebuah pohon lucu foto zaman masih anak-anak :D

Khusus yang ini adalah halaman tentang background pendidikan. Dari TK sampai kuliah.
Jadi yang ditempelkan foto-foto semasa kuliah


Next page, foto-foto bersama yang bisa dibandingkan dengan foto saat ini.
Kalau bisa dengan pose yang sama seperti yang ada pada foto terakhir. Tambahkan pula tahun di bawahnya agar terlihat jelas berapa lama perbedaan waktunya.


Page selanjutnya mengenai special event keluarga. Bisa saat jalan-jalan atau saat perayaan ulang tahun.



Halaman terakhir, halaman penutup :D saya menutupnya dengan doa
May we meet again in heaven. One day.
Dengan harapan, keluarga ini bukan hanya menjadi sebuah keluarga di dunia, tapi juga akan menjadi keluarga abadi di surga kelak. Aamiin..

Dari habis membuat album foto keluarga ini, saya menjadi semakin sadar bahwa waktu sangat cepat berlalu. Waktu memang tidak dapat diputar kembali. Oleh karena itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu yang tersisa.

Semoga bermanfaat ya. Yuk coba desain album fotomu sendiri! :D

Things end. Memories Last forever. 


WARNING :
Do not repost my blog without any permission, thank you. 



Comments
9 Comments

9 komentar:

  1. Buuuaaaaagggguuuussss banget kakk!!!! terinspirasi nih.. tapi pasti hasilnya gak akan sebagus punya kakak!!

    BalasHapus
  2. Thank you rani, happy crafting :D

    BalasHapus
  3. Di scan kak isna biar ada versi digitalnya

    BalasHapus
  4. Kak isna, itu yang album foto tempel di beli di toko ya ?

    BalasHapus
  5. Minta ijin untuk dipraktekkan ^-^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan.. semoga menginspirasi :)

      Hapus
  6. kak, tips agar fotonya menempel dengan baik dan tidak ada udara yg terjebak di album gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditutup plastiknya pelan2 ya, dari sisi yang rapat ke bagian yg keluar, jd tidak ada udara yang terjebak :)

      Hapus

Write down your comment here / Tulis Komentar disini