29 Agustus 2012

Sekolah Kesetaraan (PKBM), Apa itu?

Sekolah kesetaraan atau istilah saat ini nya yaitu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang merupakan tempat belajar seperti sekolah namun dalam jalur non formal.

Pernah mendengar homeschooling? Paket A? Paket B? Paket C? Nah! itu semua termasuk sekolah kesetaraan. Sekolah non formal ini akan menghasilkan lulusan-lulusan yang disetarakan dengan lulusan-lulusan sekolah formal (SD, SMP, SMA/SMK). Jadi para anak yang putus sekolah dari jalur formal tadi dapat bersekolah di PKBM. Ujian Nasional Paket Kesetaraan akan memberikan ijazah Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP), Paket C (Setara SMA).

INI JUGA MERUPAKAN SOLUSI ORANG TUA YANG KHAWATIR DENGAN ANAKNYA YANG TIDAK MAU SEKOLAH/BERHENTI DARI SEKOLAH FORMAL.

Jadi, bagi orang tua jangan lagi khawatir anaknya tidak dapat melanjutkan sekolah, karena tak pernah ada kata terlambat untuk mengenyam pendidikan.

Apa bedanya dengan sekolah formal?

Secara umum sih, beda sekolah formal dan PKBM terletak di hari belajarnya. Kalau sekolah formal sekolah Setiap Hari, kalau di PKBM hari belajarnya hanya 3 hari seminggu. Jam belajarnya juga ada yang pagi, siang, bahkan malam hari. Tergantung kebijakan PKBMnya.

Namanya juga sekolah nonformal, semuanya serba nonformal, mulai dari sistem pembelajarannya yang lebih fleksibel, seragamnya, dan peraturan yang relatif tidak terlalu ketat seperti sekolah formal. Tapi itu juga tergantung kebijakan PKBM, setiap PKBM memiliki peraturan sendiri.

Apa kelebihan dari sekolah non formal ini?
✓ Tidak butuh seragam (Tapi ada juga yang mewajibkan pakai seragam)
✓ Pembelajaran fleksibel (Ada yang siang, ada yang malam)
✓ Bisa membagi waktu untuk sekolah dan kerja (misal: harus membantu orang tua untuk bekerja)
✓ Biaya relatif terjangkau
✓ Peraturan tidak terlalu ketat
✓ Waktu belajar tidak setiap hari
✓ Bisa cepat mendapat ijazah (tanpa harus menunggu lama seperti di sekolah formal, apabila usia sudah cukup untuk lulus)
✓ Ijazah bisa melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya ke jalur formal
✓ Ijazah bisa digunakan untuk melamar pekerjaan yang lebih baik
✓ Bisa melanjutkan pendidikan tanpa ada batas usia

Dimana PKBM itu?
Saat ini PKBM ada banyak, carilah informasi PKBM terdekat, ada PKBM Negeri ada PKBM swasta, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan.


Ada rekomendasi?
Ada, saya sendiri tutor (sebutan untuk guru PKBM) di sebuah PKBM di Jakarta. Silakan kunjungi blognya >> PKBM Alfa Husna Jagakarsa Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini