25 Agustus 2012

Kunci Sehat (Ala Saya!) ♥


Kunci sehat yaitu menikmati hidup
Kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Jika kita sakit, maka kita perlu obat, syukur-syukur kalo penyakit ringan yang bisa disembuhkan oleh obat-obatan yang bisa dibeli di warung. Namun, jika obat-obat warung tidak ampuh kita di haruskan ke dokter. Berapa biayanya? Puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan? Padahal, merawat dan kesehatan biayanya jauh lebih minim ketimbang mengobati.

Saya sendiri, Alhamdulillahirabbil’alamin, jarang sekali sakit. Jarang ke puskesmas atau dokter semenjak (kira-kira) 8 tahun terakhir. Terakhir dulu sakit  gejala tifus, itu karena stress mau ujian akhir SMP, sakit sampai 1 bulan, itu udah disuruh di opname di rumah sakit, namun berhubung saya takut jarum suntik apalagi jarum infuse maka saya menolak, dan memilih untuk rawat jalan aja. Alhamdulillah bisa pulih juga walaupun memang agak lama. He he.
Setelah itu, saya hampir tidak pernah sakit parah lagi. Sekolah pun jarang alfa karna sakit. Alhamdulillah..

Nah, kalaupun saya sakit, biasanya sakit perut, batuk pilek, atau demam sehari gitu, minum obat warung sudah sembuh. Kali ini saya ingin bercerita dan berbagi pengalaman aja, siapa tau bermanfaat bagi pembaca, dan supaya kita bisa menjaga nikmat Allah yang tak terkira ini dengan baik, kesehatan. Sebelumnya, saya tidak bermaksud sombong karena merasa tidak pernah sakit, saya hanya ingin berbagi, jika ada kebenaran, itu datang-Nya dari Allah, jika ada kesalahan, itu datangnya dari saya pribadi.

Langsung saja, berikut ini tips dari saya untuk menjaga kesehatan atau kunci sehat versi saya :

1.       Jaga Pikiran dan Perasaan
Semenjak saya melakukan penelitian / skripsi tentang “Pengelolaan stress” saya jadi tahu jika sebagian besar penyakit yang kita alami itu dikarenakan pikiran dan perasaan kita, penyebab penyakit lainnya karena makanan dan factor eksternal lainnya itu ternyata hanya berpengaruh sedikit, pengaruh paling besar justru dari pikiran dan perasaan. Oleh karena itu jagalah pikiran kita agar selalu positif. Pernah kan denger dokter memvonis penyakit seseorang bukan nama penyakitnya yang di kasitau malah penyakit “kebanyakan pikiran” yang di infokan oleh dokternya. Oleh karna itu jangan sampe kebanyakan pikiran apalagi pikiran-pikiran negatif. Buatlah diri kita merasa senang, terhibur. Jangan sampai stress apalagi depresi. Hibur diri kita dengan makanan kesukaan, hobi, music kesukaan, atau alihkan pikiran-pikiran tak menentu dengan menyibukkan diri, kalau masih tidak bisa membuang pikiran negatif tersebut coba konsultasikan kepada orang yang dipercaya (misalnya saudara, sahabat) jika ada masalah jangan dipendam sendiri, lebih baik curhat, share ke orang lain. Dan yang paling ampuh ialah curhat dengan ALLAH.

2.       Makan teratur
Jaga pola makan kita. Jangan sampai karena kesibukan kita telat makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Makan sangat perlu untuk tubuh kita. Makanlah makanan yang sehat. Nasi, lauk-pauk, dan sayur mayur. Kebetulan saya sendiri tidak begitu menyukai sayuran, hehe. Jadi saya ganti dengan mengonsumsi buah-buahan. Kadang, minum jus sayur buah juga kalau dibikinin kakak saya (tapi) :p

3.       Jaga lingkungan
Jaga lingkungan kita agar tetap bersih. Lingkungan secara fisik maupun nonfisik.  Lingkungan fisik seperti kebersihan badan, kebersihan kamar, rumah, dan kantor. Sedangkan lingkungan nonfisik itu maksudnya seperti keluarga, teman, atau tetangga. Jadi kita harus menjaga hubungan baik dengan orang lain.

4.       Olah raga.
Hmm.. walaupun saya tidak menaruh minat sama sekali pada aktifitas olahraga, saya tetap menyarankan untuk anda aktivitas ini. Saya sehat mungkin karena banyak gerak. Gerak kan sama saja olah raga. Saya paling lebih memilih jalan kaki sebagai olah raga favorit. Sewaktu di angkot dulu, saya pernah tidak sengaja mendengar percakapan kakek yang member tau resep nya hidup sehat yaitu sering jalan kaki, “tapi jalan kakinya dengan langkah cepat” kata beliau waktu itu. Saya jadi mencuri ilmu dari situ, hehehe saya jadi senang berjalan kaki lebih jauh dan lebih cepat. Pasti kebiasaan saya itu sedikit banyak berpengaruh terhadap kesehatan saya. Iya kan? :p Olah raga ringan yang bisa anda pilih lainnya seperti lari pagi, push up, renang, atau bersepeda. Untuk yang muslim, gerakan shalat ternyata juga menyehatkan badan, jadi perbanyaklah shalat. O:)

Kalo kita sehat, aktivitas apapun menjadi lancar kan?
intinya HEALTHY DAN HAPPY itu korelasinya sangat kuat.. so.. jaga keduanya dengan baik ;)

Jadi harus merasa selalu Happy biar selalu Healthy. Sering berguraulah dengan keluarga dan teman. Kurangi beban hidup. Nikmati hidup ini dengan penuh suka cita. Nikmati hidup ini tiap episodenya. Kalau harus bahagia ya bersyukur, kalau sedang diberi ujian ya bersabar.

Kunci sehat yang lainnya yaitu sering tertawa, sering bernyanyi dan sering berimajinasi.  Perbanyak bersyukur dan kurangi mengeluh. Ga gampang marah apalagi emosian. Perbanyak tersenyum. Banyak berbuat kebaikan, menyenangkan dan membantu orang lain. Tidak menyimpan dendam, mudah memaafkan, tidak mudah iri dengan orang lain dan selalu menjaga hati dari gangguan-gangguan negatif. Jauhi Galau. Enjoy your life!
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini