07 Maret 2015

Review Fingerprint Analysis dari Pelita Optima

Saat ini saya mau share tentang pengalaman saya mengikuti tes sidik jari dari Pelita Optima. Pada hari Rabu, 25 Februari 2015, Sekolah tempat saya bekerja, mengadakan tes sidik jari untuk para siswa agar mengetahui kemampuan, bakat, serta minat mereka. Saya memang sudah sering mendengar tes sidik jari ini sebelumnya, karena dibeberapa tempat seperti di mall, saya pernah menjumpai ada tes sidik jari namun belum pernah sempat mencobanya. Akhirnya saya mendapat kesempatan juga mencoba tes sidik jari ini. Dan pada hari Jumat, 6 Maret 2015 saya telah mendapatkan laporan analisisnya. Dan hasilnya, WOW banget. Itu bisa saya kategorikan hampir 90% sesuai dengan karakter diri saya (banget).

Di laporan analisisnya, akan ada banyak laporannya. Dimulai dari Personality (Kepribadian), Learning Style (Gaya Belajar), dan Multiple Intelligence (Kecerdasan).

Pada personality, hasil tes saya untuk Primary: modeler-modeler, dan Complementnya Reverse-Reverse. Untuk tipe modeler, menurut Bapak Made sang konsultan, adalah tipe air, jadi dimana si tipe Modeler berada, dia akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya bahkan mengikuti lingkungannya berada. Jadi, untuk yang mempunyai tipe Modeler ini harus hati-hati dalam memilih lingkungan pergaulan dan hati-hati memilih tontonan dan lagu, mudah terbawa arus. Selain itu tipe modeler adalah tipe bimbang/ragu, anti konflik, sulit menolak/ga enakan, mempunyai rasa empati yang besar, menyukai rutinitas, pasif di awal, dan temannya banyak. Untuk tipe modeler membutuhkan role model/figure lingkungan agar apa yang ia tiru adalah figure yang baik.

Nah, untuk tipe Reverse, adalah orang yang mempunyai pemikiran yang sering berbeda dengan orang lain. Tipe reverse adalah tipe yang kreatif, melihat detil, out of the box. Sangat jarang ditemukan orang dengan tipe ini, jadi orang tipe Reverse sering dibilang orang ANEH, karena ia mempunyai pemikiran yang sangat berbeda dari orang lain pada umumnya dan bersifat sebaliknya. Jadi orang tipe Reverse ini senang berdebat karena dia mempunyai pikiran yang berbeda itu. Karena sifat kritisnya membuat orang tipe Reverse ceplas ceplos kalau berbicara. Itulah yang harus diperhatikan oleh orang reverse. Perhatikan jika ingin mengutarakan pendapat jangan sampai orang lain merasa tersinggung. Jleb! :D Pantesan saja, selama ini saya sering merasa orang-orang pada aneh, ternyata saya yang aneh. -_-“

Untuk learning stylenya, saya dominan tipe visual. Tipe visual adalah tipe yang menyukai pembelajaran dalam bentuk gambar, diagram, grafik, foto, dan tampilan gambar yang menarik. Selain itu, saya juga termasuk kedalam tipe auditory (mendengar). Tapi saya rendah di tipe belajar Kinesthetic (Gerakan/olah tubuh) seperti olah raga. Yup, that’s right!

Pada bagian Multiple Intelligence (Kecerdasan) untuk hasil very strong+ ada di Image, logic and Music Smart. Bagian image Smart ini memang saya rasa saya banget! Karena pada Image Smart, seorang mempunyai kemampuan memahami informasi berupa bentuk atau objek serta menciptakan keseimbangan dan komposisi dalam tampilan visual dan spasial. Potensi yang dimiliki menjadikannya mampu menciptakan ide-ide imajinatif dalam menghasilkan suatu karya. Yaaa.. imajinassiiii… benar-benar dunia saya banget.

Untuk Logic Smart, orang dengan bakat seperti ini memiliki kekuatan dalam persoalan logika dan analisis. Ya, apa-apa aja saya masukin logika. Saya suka menganalisis dan berlogika.
Untuk Music Smart, seorang yang mempunyai kecerdasan ini mempunyai kemampuan untuk menikmati, memainkan, dan membuat karya musikal. Termasuk juga sensitivitas dalam ritme suara dan respon terhadap dampak emosial dari elemen-elemen tersebut. Untuk ini, saya tidak terlalu yakin, sebab bakat saya di bidang musik tidak terlalu tersalurkan, dan agak kaget juga kalau punya kecerdasan ini. Tapi saya memang bisa menikmati musik dan mengamatinya, dan tahu mana suara orang yang fals mana yang nggak. Ga heran waktu di SD, guru saya memilih saya menjadi bagian paduan suaranya, mungkin karena suara saya bisa Ga Fals, alias sesuai nada. Hobi bernyanyi juga mungkin bisa dikategorikan disini.

Nah, untuk people smart saya mendapat hasil Very Strong -, seorang yang tipe People Smart, mempunyai kemampuan untuk memahami orang lain, mudah menjalin kerjasama, serta memiliki rasa empati terhadap kesulitan yang dialami oleh orang lain. Kemampuan ini, menjadikan seseorang mudah berinteraksi dengan orang lain yang memiliki latar belakang yang beragam. Hmm.. mungkin kecerdasan inilah yang mendorong saya menjadi seorang guru seperti yang sekarang ini. Alhamdulillah ga melenceng memilih karir. :D

Yang menarik, saya mendapat hasil middle untuk Body Smart. Body Smart (Body) adalah kemampuan untuk menggunakan motorik kasar dalam bidang olahraga dan keterampilan fisik seperti mengontrol gerakan anggota tubuh. Ya, tidak heranlah waktu di SMA dulu saya sempat mendapat nilai merah untuk pelajaran Penjaskes di sekolah. Memang benar-benar tidak bakat di bidang olah raga. -_-“
Dengan tes sidik jari ini juga bisa membaca dominan otak yang dipakai, saya mendapat hasil dominan otak kanan.

Takjub? Iya, saya sangat takjub dengan hasilnya. Kenapa? Karena:
1. Seperti yang kita tahu, sidik jari setiap orang berbeda-beda, itulah yang menjadi identitas setiap orang. Tuhan memang Maha Kuasa dan selalu sempurna dalam menciptakan segala sesuatu. Masya Allah. Jadi, saya semakin yakin bahwa setiap orang mempunyai potensi dan bakatnya masing-masing yang pasti berbeda-beda. Maksimalkan yang positif, dan minimalisir yang negatif.
2. Saya tidak mengerjakan/menjawab tes apapun dalam tes sidik jari ini, hanya sidik jari saya saja yang diperiksa dan diproses, tapi hasilnya menurut saya malah lebih akurat daripada dari tes psikotes yang pernah saya ikuti sebelumnya. Karena menurut saya hasil tes psikotes lainnya itu juga terpengaruh dari kondisi fisik dan psikis seseorang saat mengerjakan, sedangkan untuk sidik jari tidak terpengaruh akan hal itu.

Namun, bagaimanapun, tes ini adalah tes yang dibuat oleh manusia, jadi masih ada kemungkinan  erornya. Tapi, untuk menganalisi karakter anak sangat saya rekomendasikan untuk melakukan tes sidik jari ini, agar kita bisa mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minatnya.

Sekian ya sharing saya hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat, Terimakasih untuk Pak Made, dari Pelita Optima yang sudah memberikan hasil tesnya dan menjelaskannya dengan baik.

Terakhir, untuk segala Kelebihan dan Curahan Bakat yang diberikan Tuhan Semesta Alam saya mengucapkan Alhamdulillahirabbil'alamin.. semoga kita bisa menggunakan bakat dan potensi semaksimal dan sebaik-baiknya, amiin..

Your Fingerprint… Your Smart Right Decision to enhance your life! – Pelita Optima
ilustrasi : source: www.dawn.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini