20 Juni 2015

10 Books that Changed My Life

Buku. Sebuah benda yang wajib banget saya bawa kemana-mana. Buku bisa menjadi teman setia kita saat kita jenuh, saat-saat menunggu lama, atau ditengah kemacetan. Ada yang bilang bahwa buku adalah teman terbaik saat duduk.

"Reading is to the mind; what exercise is to the body." - Steele

Saya yakin, buku yang memang kita butuhkan dalam hidup kita akan sampai ke tangan kita. Tinggal kita mau baca atau tidak. Tuhan selalu detil memperhatikan kebutuhan kita, tinggal kita bersedia atau tidak untuk menerima pemberian-Nya.
Inspirasi datang dari mana saja, termasuk buku.

Saya ingin menyebarkan virus membaca kepada siapa saja. Karena dengan membaca pengetahuan dan wawasan kita bertambah. Pikiran kita pun akan lebih terbuka dan lebih bijaksana dalam menyikapi hidup.

Karena semakin banyak tahu, kita akan semakin tahu bahwa kita sebenarnya tidak tahu apa-apa.

Sebenarnya banyak buku yang menginspirasi hidup saya. Saya memilih 10 buku yang paling berpengaruh dalam hidup saya untuk saya share disini.

1. LA TAHZAN - karya Aidh Al Qarni (NonFiksi)

Buku La Tahzan yang sangat fenomenal ini memang Best Seller, karena merubah hidup banyak orang, termasuk saya. La Tahzan yang berarti Jangan Bersedih ini berisi tentang hiburan-hiburan takala kita merasa putus asa dalam hidup. Mencoba untuk menyambut harapan lagi, tersenyum lagi, menata diri lagi, mengingatkan jika Ada Allah yang selalu mau menghapus duka lara kita. La Tahzan menjadi buku wajib saya kalo saya sedang merasa down.







2. ESQ - Emotional Spiritual Queotient - karya Ary Ginanjar  (NonFiksi)

Buku punya kakak saya ini tanpa sengaja saya baca-baca. Awalnya agak bingung dengan istilah-istilah di dalam buku itu, seperti Zero Mind Process dll, tapi setelah membacanya, saya menjadi lebih sadar
akan arti keberadaan diri saya di bumi ini. How Amazing Book!







3. Pelatihan Shalat Khusuk - karya Abu Sangkan  (NonFiksi)

Buku hadiah ulang tahun dari sahabat saya ini memberi dampak yang luar biasa buat kehidupan saya. Saya menjadi lebih menikmati shalat. Saya merasakan kehadiran Allah secara nyata. Dibalik prokontra buku ini, saya rasa kembali lagi pada pembacanya. Kalau saya, sangat berterimakasih pada Pak Abu Sangkan yang telah mengajarkan bagaimana shalat khusuk, Shalat saya jadi tidak hanya asal gerak saja, tapi juga sangat bermakna.



4. 7 Keajaiban Rezeki - Ippho Santosa  (NonFiksi)

Membaca buku ini membuat saya tertarik untuk berbisnis dan mengasah otak kanan saya. What a brilliant idea. Thank You om Ippho. ;)










5. Science of Being Great - karya Wallace  (NonFiksi)

Isi dari buku kecil dan tipis ini tidak seringan bukunya. Setiap kalimat yang ada dilamnya harus dibaca dengan seksama. Kalau mau menjadi manusia besar, saya rasa buku ini benar-benar bisa menjadi inspirasi besar dalam hidup Anda.








6. Amazing Baitullah - karya Agus Haryo Sudarmojo  (NonFiksi)

 Buku ini membuat iman saya bertambah berkali-kali lipat. Kenapa? Karena didalamnya menceritakan hal-hal mengagumkan tentang Baitullah / Makkah, tapi sesuatu yang tidak disangka-sangka adalah Baitullah/ rumah Allah tidak hanya berwujud Makkah saja, tapi ada disetiap hati manusia. Subhanallah








7. Sang Alkemis - Paulo Coelho  (Fiksi)

Buku ini membuat saya sadar jika setiap manusia mempunyai Legenda Pribadinya sendiri-sendiri. Hanya dengan mengikuti dan mendengarkan hati, kita bisa menjadi diri sendiri sepenuhnya tanpa harus mengikuti orang lain. Buku ini memang best seller dan sudah diterjemahkan kebanyak bahasa. Sangat Inspiratif!







8. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu - Tere Liye  (Fiksi)

Buku yang mengajarkan saya melihat kehidupan dari banyak sisi, Belajar bagaimana kita tidak pernah boleh menyalahkan orang lain, atau siapapun tentang hidup kita, apalagi menyalahkan Tuhan. Belajar untuk selalu melihat sisi positif dan berfikir baik kepada Tuhan untuk semua takdir-Nya.








9. Laskar Pelangi & Sang Pemimpi - by Andrea Hirata  (Fiksi)

Buku dan filmnya sangat menginspirasi saya tentang arti MIMPI. Saya berani bermimpi dan mewujudkannya. buku ini juga yang menginspirasi saya menjadi seorang guru yang tulus seperti Bu Mus. :D









10. Visualisasi Kreatif - Shakti Gawain  (NonFiksi)
  Buku yang mengajarkan saya memvisualisasikan segala sesuatu secara nyata. Hm.. Saya bisa merasakannya dengan nyata dampaknya.










Itulah 10 Buku paling menginspirasi buat saua. Masih banyak buku bagus sebenarnya. Namun, itu 10 buku yang benar-benar membuat saya jatuh cinta dengan buku!

Tapi, bagaimanapun juga buku hanyalah karangan seorang manusia biasa. Diperlukan kebijaksanaan dan kecerdasan pembaca untuk mengkritisi isi dan makna sebuah buku.

Awali membaca bukumu dengan bismillah, semoga Allah selalu menambah ilmu dan pengetahuan dari buku-buku yang kita baca. Dan pada akhirnya menambah iman kita kepada-Nya. Aamiin.



“NO MATTER HOW BUSY YOU MAY THINK YOU ARE, YOU MUST FIND TIME FOR READING, OR SURRENDER YOURSELF TO SELF-CHOSEN IGNORANCE.”

- CONFUCIUS
Terakhir, buku yang paling mengubah hidup saya, pastilah buku paling sempurna dan paling menakjubkan yang pernah ada karena buku itu bersumber dari Tuhan Semesta Alam, yaitu
Al Quran. Buku yang menjadi pedoman manusia untuk hidup di bumi dan menjadi pencerah untuk hamba Allah yang beriman..

Sudahkah kamu membaca buku hari ini?

Lalu, buku apa yang menginspirasi hidupmu?

Find me on GoodReads :

Reading is dreaming in open eyes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini