14 Mei 2015

1 Day Trip - 5 PULAU :D

Kali ini saya mau cerita tentang petualangan ke 5 Pulau dalam 1 Hari! Yayyyy!

Berpetualang menyusuri Kepulauan Seribu memang selalu menarik hatiku. Bagaimana tidak? Tempatnya yang masih di Jakarta tapi pemandangannya yang luar biasa membuat hati ini selalu ingin kesana lagi dan lagi.

Nah, hari Kamis tanggal 14 Mei 2015 kemarin, bertepatan dengan tanggal merah, saya mendapat kesempatan lagi untuk mengeksplor pulau seribu lagi. Kali ini ditemani sobat saya >> Nonna La alias Lela alias Ley :D

Untuk trip kali ini kami ikut rombongan dari travel Wisata Kepulauan Seribu Murah (WKSM) dengan biaya Rp199.000/orang, jadi keliling 5 pulaunya rame-rame! Yang entah orang-orang itu dari mana asalnya.

Ok! Tanpa tunggu lama, kami bersiap untuk berkumpul di Muara Kamal jam 07.00 tapi berhubung rumah saya jauh dari Muara Kamal, saya dkk baru sampe jam 07.30. Untungnya masih ditungguin rombongan, hihihi

Destinasi kali ini ialah :
1. PULAU KELOR
2. PULAU RAMBUT
3. PULAU UNTUNG JAWA
4. PULAU ONRUST
5. PULAU CIPIR

Tepat pukul 07.30 kami meluncur ke pulau pertama. Yuhuuuu~~~

#1 Kelor Island :)

Pulau ini walaupun terbilang kecil tapi indaaaahnyaaaaa bukan main. Maha Hebat Allah yang telah mendesainnya sedemikian indah!

Pulau kecil ini menjadi saksi bisu sejarah karena di pulau ini terdapat galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk mengahadapi serangan portugis di abad 17 (sumber: indonesianholic.com).

Mendarat di Pulau pertama, Pulau Kelor

Yeah!

Mengukir nama di pasir :p

Sisa Benteng Mortelo
Sumber Photo: Koleksi Pribadi

Pose maju mudur cantik cantikkkk

Benteng Mortelo Saksi Bisu Sejarah Jakarta

#2 Pulau Rambut

Bunga cantik di tepi pantai pulau rambut
Sumber Photo: Koleksi Pribadi
 Pulau yang kedua kami singgahi yaitu PULAU RAMBUT. Entah kenapa namanya pulau Rambut. Apa dulu banyak rambut disini?? Hihihi
Yang jelas, sekarang Pulau Rambut ini adalah tempat cagar alam untuk melindungi burung-burung. Itulah sebabnya Pulau ini disebut juga dengan Kerajaan Burung. Menurut informasi dari khatulistiwa.info :
"Pada keadaan biasa, diperkirakan sekitar 20.000 burung hidup di pulau ini. Di bulan Maret sampai September, jumlah itu meningkat menjadi hingga 50.000 burung. Burung-burung itu diperkirakan datang dari Australia. Dengan kekayaan dan keanekaragaman jenis burung yang singgah di Pulau ini sering kali Pulau Rambut disebut dengan “Pulau Surga Burung (Rambut Island of Sanctuary Birds)"
Dari dulu saya emang kepingin kesini. Karena wisatanya unik dan ga semua orang bisa masuk pulau ini. Karena ada izin yang harus diurus terlebih dahulu. Tempat ini cocok banget buat yang mau neliti tentang burung atau hanya hunting foto burung di alam lepas. Sayangnya saya tak dapat satupun foto burungnya karena lensa kameranya belum canggih! :D
Menara pandang untuk mengamati burung-burung bernyanyi
Sumber Photo: Koleksi Pribadi

Burung-burung itu tampak terbang kesana kemari, tapi saya tak berhasil mengabadikannya ^^V

Pose dulu di depan kapal

Pulau Rambut.. HORE!!

Mencoba terus mengabadikan keindahan pulau seribu

#3 Pulau Untung Jawa
Nah, di pulau ketiga ini kami baru bisa menemukan kehidupan! Ya, setelah 2 pulau sebelumnya (Pulau kelor dan Pulau Rambut) yang tak berpenghuni, di Pulau ketiga alias Pulau Untung Jawa ada banyak penduduk dan tukang jualan makanan. Jadi, Pulau ini sangat cocok untuk beristirahat.

Pulau Untung Jawa adalah Pulau yang paling lama kami singgahi. Istirahat sekaligus mau snorkeling n Banana Boat. Tapi, saya mengundurkan diri dari permainan Banana Boat pemirsa, karena itu jam 1 siang. Tengah bolong dengan suhu sekitar 33 derajat celcius. WOW! Kebayang dong silaunya laut & pantai kayak apa jam 1 siang. Plus males basah-basahan, jadilah saya hanya bersantai di pantai sambil nungguin teman-teman pada snorkeling & banana boat di tengah laut. Koleksi foto saya di Pulau untung Jawa sangat sedikit, karena saya kepanasan! ;D

#4 Pulau Onrust
Sekitar jam 4 sore, kegiatan kami di Pulau Untung Jawa berakhir dan kini saatnya meluncur ke pulau berikutnya, yaitu Pulau Onrust.

Di tengah perjalanan ke Pulau Onrust, kami mengalami moment menegangkan. Ombak dan angin yang cukup tidak stabil membuat kami panik. Perahu kami yang kecil membuatnya lebih mudah terombang ambing di tengah laut karena angin yang cukup besar.

Suasana yang tadinya ramai karena canda tawa, kini berubah sedikit tegang. Muka semua penumpang pasrah. Semua berdoa dalam hati agar Allah melindungi.

Apalagi pesan dari Pak Nahkodanya, "Jangan banyak bergerak, yaa..."

>_<

Perjalanan 30 menit yang sangat menegangkan.

Alhamdulillahnya, kami mendarat di pulau tujuan dengan selamat.
Fiuh~  I can't imagine.. I can't swim, God please help us..

Tiba dengan selamat di Pulau Onrust.

Sisa reruntuhan Karantina Haji

Nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'. Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.
Tahun 1911 Onrust diubah fungsinya menjadi karantina Haji hingga tahun 1933. Para calon haji dibiasakan dulu dengan udara laut, karena saati itu untuk mencapai Tanah Suci harus naik kapal laut selama berbulan-bulan lamanya, dan kemudian sebagai pos karantina jemaah haji yang kembali.
Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust. Terdapat pula sebuah makam yang konon kabarnya merupakan makam dari pemimpin pemberontakan DI/TII yaitu S.M. Kartosoewirjo. - Sumber Wikipedia

Sumber Photo: Koleksi Pribadi

Suasana horor sangat mendukung karena sepi dan hanya ada kuburan-kuburan belanda dan pribumi di pulau ini. Plus suasana udah sore juga menjelang malam jadi sendu-sendunya dapet banget!

Catch the SunSet :D

Catch the blue sky
Sumber Photo: Koleksi Pribadi

Tak lama kemudian, kami naik ke perahu lagi dan berniat untuk ke Pulau yang terakhir, yaitu PULAU CIPIR

#5 Pulau Cipir

Sesampainya di Pulau Cipir, nampak para peserta sudah enggan untuk turun dari perahu, karena hari sudah semakin sore yang peserta khawatirkan adalah kondisi ombak lautnya. Kami menghindari bertemu dengan momen mencekam seperti beberapa saat sebelumnya. Finally, diputuskan untuk langsung putar arah ke arah pulang. Deal.. kita pulang...

Senyum sisa tenaga seharian ke 5 pulau

GoodBye Sunset dari Pulau Cipir
Sumber Photo: Koleksi Pribadi

Secara keseluruhan, trip kali ini sangat menyenangkan karena mendapat pengalaman baru lagi.
5 Pulau terlampaui lagi, hmm kalau ditambah 3 Pulau yang pernah kukunjungi tahun 2010 lalu, berarti aku masih harus mengunjungi 992 pulau lagi supaya genap mengunjungi 1000 pulau! :D #keleus

Yang jelas, trip kali ini banyak memberi saya banyak pelajaran berharga. termasuk pelajaran bersyukur selamat dari ancaman ombak menegangkan! Alhamdulillah.. Dan satu lagi, dunia ini kalau ada yang bilang 'sempit', saya setuju. Karena saya masih bertemu rombongan tetangga saya di Pulau Rambut dan di Pulau Untung Jawa. Dan saya pun satu rombongan dengan tetangga lama saya yang kami tak pernah janjian sebelumnya. Jadi walaupun ada 1000 pulau, dan bukan weekend, kalaulah memang sudah diatur Tuhan bertemu, yaa bertemulah kami. ;)

Sekarang, saatnya saya undur diri! Semoga cerita saya bermanfaat buat referensi jalan-jalan di Jakarta,..

Ok.. Sampai jumpa di trip trip selanjutnya... Bye..