Asesmen Alternatif
1.. Pengertian
Asesmen alternatif diartikan sebagai pemanfaatan pendekatan non-tradisional
untuk memberi penilaian kinerja atau hasil belajar mahasiswa.
asesmen alternative diidentikan dengan asesmen otentik atau asesmen kinerja.
Asesmen otentik yang dapat diartikan sebagai proses penilaian perilaku kinerja
mahasiswa secara multidimensional pada situasi nyata sedangkan asesmen kinerja
diartikansebagai penilaian terhadap proses perolehan, penerapan pengetahuan
dan ketrampilan melalui proses pembelajaran yang menunjukkan kemampuan
mahasiswa dalam proses maupun produk.
2. Bentuk
Asesmen alternative dapat diberikan dalam bentuk :
a. Asesmen Kinerja (Performance Assesment)
Asesmen kinerja dapat dilakukan dengan memberikan Task (contoh tugas)
dan Rubrik.
Contoh Tugas dalam pembuatan asesmen kinerja adalah sebagai berikut :
Lakukan penelitian sederhana mengenai pengaruh pemilihan kepala daerah
secara langsung terhadap kehidupan rakyat menengah ke bawah, lakukan kegiatan
penelitian ini di lingkungan tempat tinggal mahasiswa minimal mencakup satu
kelurahan. Anda dapat memilih satu, sebagian atau keseluruhan aspek kehidupan
berikut :
1) Ekonomi
2) Sosial
3) Politik
4) Ketertiban dan keamanan
Tugas ini meliputi :
1) Pengembangan rancangan penelitian (termasuk proposal sederhana)
2) Pengembangan instrument yang diperlukan untuk mengumpulkan data
3) Pengumpulan data
4) Analisis data
5) Penulisan laporan penelitian
6) Penyampaian laporan secara lisan dalam suatu seminar kelas
Rubrik merupakan wujud asesmen kinerja yang dapat diartikan sebagai
kriteria penilaian yang bermanfaat membantu dosen untuk menentukan tingkat
ketercapaian kinerja yang diharapkan. Sebagai kriteria dan alat penskoran rubrik
terdiri dari senarai yaitu daftar kriteria yang diwujudkan dengan dimensi-dimensi
kinerja, aspek-aspek atau konsep-konsep yang akan dinilai, dan gradasi mutu,
mulai dari tingkat yang paling sempurna sampai dengan tingkat yang paling buruk.
2. Asesmen Portofolio
Asesment Portofolia adalah asesmen yang terdiri dari kumpulan hasil karya
mahasiswa yang disusun secara sistimatik yang menunjukkan dan membuktikan
upaya belajar, hasil belajar, proses belajar dan kemajuan yang dilakukan
mahasiswa dalam jangka waktu tertentu.
Langkah-langkah dalam melaksanakan Asesmen Portofolio :
a. Tahap Persiapan
1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan diakses dengan
Asesmen Portofolio Menjelaskan pada mahasiswa bahwa akan
dilaksanakan Asesmen Portofolio, proses yang harus ditempuh
mahasiswa, bilaperlu diperlihatkan contohnya.
2) Menjelaskan bagian mana, seberapabanyak kinerja dan hasil
karyayang secara minimal haus disertakan dalam portofolio, dalam
bentuk apa dan bagaimana hasil karya akan diakses.
3) Menjelaskan bagaimana hasil karya harus disajikan.
b. TahapPelaksanaan
1) Dosen mendorong dan memotivasi mahasiswa
2) Dosen mendiskusikan secara rutin dengan mahasiswa tentang proses
pembelajaran yang akan menghasilkan karya mahasiswa.
3) Memberikan umpan balik secara berkesinambungan.
4) Memamerkan keseluruhan hasil karya mahasiswa yang disimpan
dalam portofolio bersama mahasiswa lain.
c. Tahap Penilaian
1) Menegakkan kriteria penilaian bersama sama atau dengan partisipasi
mahasiswa.
2) Kriteria yang disepakati dlaksanakan secara konsisten olehdosen dan
mahasiswa.
3) Arti penting dari tahap penilaian ini adalah self Assesment yang
dilakukan oleh mahasiswa.
4) Hasil penilaiandijadikan tujuan baru bagi proses pembelajaran
berikutnya.
Sumber: http://lpp.uns.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Write down your comment here / Tulis Komentar disini