A. Pengantar
Evaluasi Hasil Belajar antara lain mengunakan tes untuk melakukan
pengukuran hasil belajar. Tes dapat didefinisikan sebagai seperangkat pertanyaan
dan/atau tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang trait,
atribut pendidikan, psikologik atau hasil belajar yang setiap butir pertanyaan atau
tugas tersebut mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar.
Pengukuran diartikan sebagai pemberian angka pada status atribut atau
karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek tertentu menurut
aturan atau formulasi yang jelas. Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil
keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran
hasil belajar baik yang menggunakan instrumen test maupun non-test. Penilian
dimaksudkan untuk memberi nilai tentang kualitas hasil belajar
Secara klasik tujuan evaluasi hasil belajar adalah untuk membedakan
kegagalan dan keberhasilan seorang peserta didik. Namun dalam
perkembangannya evaluasi dimaksudkan untuk memberikan umpan balik kepada
peserta didik maupun kepada pembelajar sebagai pertimbangan untuk melakukan
perbaikan serta jaminan terhadap pengguna lulusan sebagai tanggung jawab
institusi yang telah meluluskan.
Tes, pengukuran dan penilaian berguna untuk : seleksi, penempatan,
diagnosis dan remedial, umpan balik, memotivasi dan membimbing belajar,
perbaikan kurikulum dan program pendidikan serta pengembangan ilmu.
B. Sasaran Evaluasi.
Sasaran evaluasi hasil belajar mahasiswa adalah penguasaan kompetensi.
Dalam hal ini kompetensi diartikan sebagai (1) Seperangkat tindakan cerdas penuh
tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu
oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu
(SK. Mendiknas No. 045/U/2002); (2) Kemampuan yang dapat dilakukan oleh
peserta didik yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan perilaku; (3)
Integrasi domain kognitif, afektif dan psikomotorik yang direfleksikan dalam
perilaku.
Mengacu pengertian kompetensi tersebut, maka hasil belajar mahasiswa
mencakup ranah kognitif, psikomotorik dan afektif yang harus dikuasai oleh setiap
mahasiswa setelah pembelajaran berlangsung sesuai dengan rencana pembelajaran
yang disusun oleh dosen.
C. Tahapan Evaluasi
Tahapan pelaksanaan evaluasi hasil belajar adalah penentuan tujuan,
menentukan desain evaluasi, pengembangan instrumen evaluasi, pengumpulan
informasi/data, analisis dan interpretasi serta tindak lanjut.
.
1. Menentukan tujuan
Tujuan evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengetahui capaian penguasaan
kompetensi oleh setiap mahasiswa sesuai rencana pembelajaran yang disusun
oleh dosen mata kuliah. Kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa
mencakup koginitif, psikomotorik dan afektif.
2. Menentukan Rencana Evaluasi
Rencana evaluasi hasil belajar berwujud kisi-kisi, yaitu matriks yang
menggambarkan keterkaitan antara behavioral objectives (kemampuan yang
menjadi sasaran pembelajaran yang harus dikuasai mahasiswa) dan course content
(materi sajian yang dipelajari mahasiswa untuk mencapai kompetensi) serta teknik
evaluasi yang akan digunakan dalam menilai keberhasilan penguasaan kompetensi
oleh mahasiswa.
3. Penyusunan Instrumen Evaluasi
Instrumen evaluasi hasil belajar untuk memperoleh informasi deskriptif
dan/atau informasi judgemantal dapat berwujud tes maupun non-test. Tes dapat
berbentuk obyektif atau uraian; sedang non-tes dapat berbentuk lembar
pengamatan atau kuesioner. Tes obyektif dapat berbentuk jawaban singkat, benarsalah,
menjodohkan dan pilihan ganda dengan berbagai variasi : biasa, hubungan
antar hal, kompleks, analisis kasus, grafik dan gambar tabel. Untuk tes uraian
yang juga disebut dengan tes subyektif dapat berbentuk tes uraian bebas, bebas
terbatas, dan terstruktur. Selanjutnya untuk penyusunan instrumen tes atau nontes,
dosen harus mengacu pada pedoman penyusunan masing-masing jenis dan
bentuk tes atau non tes agar instrumen yang disusun memenuhi syarat instrumen.
yang baik, minimal syarat pokok instrumen yang baik, yaitu valid (sah) dan reliabel
(dapat dipercaya).
4. Pengumpulan data atau informasi
Pengumpulan data atau informasi dalam bentuknya adalah pelaksanaan
testing/penggunaan instrumen evaluasi harus dilaksanakan secara obyektif dan
terbuka agar diperoleh informasi yang sahih dan dapat dipercaya sehingga
bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran.
Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan pada setiap akhir pelaksanaan
pembelajaran untuk materi sajian berkenaan dengan satu kompetensi dasar
dengan maksud dosen dan mahasiswa memperoleh gambaran menyeluruh dan
kebulatan tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk
pencapaian penguasaan satu kompetensi dasar
5. Analisis dan interpretasi
Analisis dan interpretasi hendaknya dilaksanakan segera setelah data atau
informasi terkumpul. Analisis berwujud deskripsi hasil evalusi berkenaan dengan
hasil belajar mahasiswa, yaitu penguasaan kompetensi; sedang interpretasi
merupakan penafsiran terhadap deskripsi hasil analisis hasil belajar mahasiswa.
Analisis dan interpretasi didahului dengan langkah skoring sebagai tahapan
penentuan capaian penguasaan kompetensi oleh setiap mahasiswa. Pemberian
skoring terhadap tugas dan/atau pekerjaan mahasiswa harus dilaksanakan segera
setelah pelaksanaan pengumpulan data atau informasi serta dilaksanakan secara
obyektif. Untuk menjamin keobyektifan skoring dosen harus mengikuti pedoman
skoring sesuai dengan jenis dan bentuk tes/instrumen evaluasi yang digunakan.
6. Tindak lanjut
Tindak lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan
interpretasi. Sebagai rangkaian pelaksanaan evaluasi hasil belajar tindak lanjut
pada dasarnya berkenaan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan dan
berkenaan dengan pelaksanaan evaluasi pemebelajaran itu sendiri. Tindak lanjut pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya merupakan pelaksanaan keputusan tentang usaha perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Tindak lanjut berkenaan dengan evaluasi pembelajaran menyangkut pelaksanaan evaluasi dengan instrumen evaluasi yang digunakan meliputi tujuan, proses dan instrument evaluasi hasil belajar..
sumber: http://lpp.uns.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Write down your comment here / Tulis Komentar disini