12 Agustus 2011

Pengenalan Total Mind Learning


Hari Selasa, 9 Agustus 2011 kemarin, aku berkesempatan mengikuti free class program Total Mind Learning yang diselenggarakan oleh Prima Study Depok dibawah binaan bapak Yovan P. Putra. Kelas yang aku ikuti dimentori oleh Kak Putri Utami dan Kak Tijar Azhari, dimulai dari pukul 11.30 sampai 17.00. Pelajaran pertama dalam kelas ini ialah mengenai pengenalan apa itu Total Mind Learning. Baiklah, berikut ini pengetahuan yang aku dapat hasil mengikuti program tersebut.

Total Mind Learning (TML)

Belajar merupakan kegiatan yang selalu dilakuk

an oleh makhluk hidup. Belajar merupakan suatu proses dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak mampu menjadi mampu. Belajar merupakan proses alamiah. Learning/ Pembelajaran adalah perubahan yang dapat dilihat dari kapasitas dan kapabilitas (kemampuan). Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga melakukan kegiatan belajar. Belajar pada hewan misalnya, anjing pelacak milik polisi, anjing-anjing tersebut melakukan pembelajaran bagaimana melacak adanya penjahat. Kegiatan belajar pada hewan juga dapat dilihat pada hewan-hewan sirkus, hewan-hewan tersebut dapat meniru atau mengikuti pelatihnya. Contoh tumbuhan yang belajar ialah tanaman bonsai yang mengikuti bentukan kawat yang kita berikan.

Perbedaan dari hewan, tumbuhan, dan manusia ialah terdapat pada otaknya. Otak manusia diciptakan oleh Tuhan jauh lebih sempurna dibandingkan hewan dan tumbuhan. Oleh karena itulah pentingnya manusia menggunakan otak atau pikirannya secara keseluruhan agar dapat melakukan pembelajaran yang optimal. Oleh karena itulah sangat penting untuk mempelajari Total Mind Learning.

Total Mind Learning (TML) adalah metode pembelajaran pembaharuan yang melibatkan seluruh level pikiran. Pikiran manusia dibagi menjadi dua: Pikiran sadar dan Pikiran bawah sadar. Artinya, dengan TML kita belajar bagaimana menggunakan keseluruhan pikiran kita untuk melakukan pembelajaran. Pada pendidikan formal (sekolah formal) hanya mencakup pikiran sadar saja padahal, penggunaan pikiran bawah sadar lebih besar dibandingkan dengan pikiran sadar, pikiran sadar kita mencakup 20% dan pikiran bawah sadar 80%. Oleh karena itu dibutuhkan teknik khusus untuk memberdayakan semua potensi pikiran kita.

Total mind learning ini secara konsep terdiri dari :

1. Sikap mental atau rasa ingin tahu yang timbul dalam diri seseorang sehingga mendorong atau memotivasi orang tersebut untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai sesuatu hal yang menarik dirinya.

2. Metodologi, yaitu cara-cara untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan.

3. Teknologi, yaitu alat yang digunakan untuk mempermudah belajar.

Tujuan dari TML adalah :

- Peningkatan Daya ingat (minimalnya 500%)
- Pengingkatan Konsentrasi
- Peningkatan Daa Membaca
- Peningkatan Daya Kreatifitas
- Peningkatan Hasrat Belajar
- Peningkatan Percaya Diri
- Kemampuan Menghancurkan berbagai kebiasaan buruk
- Kemampuan Menghancurkan berbagai Keyakinan Diri yang Mengekang Pencapaian
- Meningkatkan Produktivitas
- Peningkatan Kesadaran Spiritual
- Kepemilkan Sikap Mental mandiri dan enterpreuneurship
- Kepemilikan pola pikir global dan kesadaran sebagai warga dunia

Representasi Mental (RM)

Representasi mental terjadi karena pengalaman. Pengalaman tersebut terjadi dan timbul melalui panca indera. RM ini terbagi menjadi : Asosiasi dan Disasosiasi. Asosiasi merupakan pengalaman yang timbul dari sudutpandang sebagai orang pertama, sedangkan disasosiasi merupakan pengalaman yang timbul dari sudut pandang orang ketiga. Biasanya belajar dengan RM ini akan lebih mudah mengingatnya karena menggunakan seluruh panca indera untuk merasakannya sehingga dapat dengan mudah menyimpannya di otak kita.

Secara keseluruhan yang aku dapatkan dari kelas ini ialah bahwa manusia mempunyai potensi kejeniusan yang luar biasa seharusnya dapat dioptimalkan apabila mengetahui bagaimana teknik untuk mengelolanya agar dapat mengeksplor segala kemampuan otak secara keseluruhan.

***

Oleh

Isna Hanifah

E-mail : kaisnaku@yahoo.com

Blog : http://istana-isna.blogspot.com

Kunjungi juga http://totalmindlearning.com untuk mengetahui / mempelajari TML lebih lanjut :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini