01 Maret 2013

Keliling Indonesia, yuk!

Pada beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Senin, 18 Februari 2013 aku mengajak anak-anak didikku untuk berkeliling Indonesia dalam satu hari. Haha.. Kau percaya? Ya, kami pergi ke Taman Mini Indonesia untuk mempelajari Sejuta Budaya Indonesia. 
Ini Laporanku untuk kegiatan study tour itu


Pada hari Senin, 18 Februari 2013 lalu PKBM Alfa Husna Jagakarsa melakukan kegiatan study tour ke Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur. Study tour ini bertemakan “Mengenal Sejuta Budaya Indonesia”. Tujuan dari diadakannya study tour ini adalah untuk lebih mengenal ciptaan Tuhan, sesuai dengan firman-Nya “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. …”  - QS: Al Hujurat:13, selain itu study tour ini juga bertujuan untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam.
Konsep study tour kali ini ialah seakan-akan menjelajahi bumi Indonesia, karena Indonesia sangat luas, maka peserta diajak untuk keliling Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan miniatur dari Tanah Air Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mempunyai 33 anjungan provinsi yang setiap anjungan memiliki berbagai koleksi replika yang sesuai dengan adat aslinya disana. Karena banyaknya provinsi Indonesia, untuk mengenal lebih jauh peserta diajak untuk mengunjungi dan mempelajari 7 provinsi yang mewakili 7 pulau di Indonesia. Diantaranya:
  1. 1.       Pulau Sumatera
  2. 2.       Pulau Kalimantan
  3. 3.       Pulau Papua
  4. 4.       Pulau Sulawesi
  5. 5.       Pulau Nusa Tenggara
  6. 6.       Pulau Bali
  7. 7.       Pulau Jawa

Petualangan mengelilingi “Indonesia” dimulai dari “Pulau Sumatera” pada pukul 11.00 dan berakhir di “Pulau Jawa” pada pukul 15.00. Karena cuaca mendung, kunjungan ke “Pulau Papua” dibatalkan. Namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme peserta berpetualang menjelajahi bumi Indonesia yang bergitu kaya akan budayanya.
Mendarat di Pulau Pertama - Pulau Sumatera

Di “Pulau Sumatera”, peserta mengunjungi anjungan Provinsi Sumatera Barat (West Sumatra) sebagai tempat kunjungan pertama. Selanjutnya peserta pindah ke “Pulau Kalimantan”, di ‘pulau’ ini peserta mampir ke bagian timur, yaitu anjungan Provinsi Kalimantan Timur.  Lalu langsung ke Pulau Sulawesi dan memilih Sulawesi Selatan sebagai destiny yang terkenal dengan tana Torajanya. Setelah melihat-lihat keindahan Sulawesi Selatan peserta berpindah ke Pulau Nusa Tenggara, dan memilih Nusa Tenggara Timur sebagai provinsi yang akan dijelajahi, di NTT ada Pulau Komodo yang saat ini menjadi nominasi 7 keajaiban dunia. Setelah puas dengan NTT, peserta ke Pulau Dewata alias Pulau Bali, dan terakhir ke Pulau Jawa dan memilih Yogyakarta sebagai provinsi yang dikunjungi terakhir.
Gapura Bali

Tana Toraja - Sulawesi Selatan

di anjungan Provinsi NTT Mampir ke 'Pulau Komodo'

Mewawancarai Orang Asli NTT tentang adat istiadat NTT


Setelah puas mengelilingi Indonesia, peserta juga diajak mengenal rumah ibadat para penganut agama yang diakui di Indonesia, yaitu rumah ibadah umat Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Sungguh menakjubkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia yang merupakan anugerah dari Sang Pencipta. Semoga anak-anak Indonesia lebih mengenal lagi akan budayanya sehingga bisa timbul rasa cinta tanah air. Study tour ini berakhir pada pukul 15.30. Setelah melaksanakan shalat ashar, peserta kembali ke rumah masing-masing.

Oleh: Isna Hanifah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini