27 Agustus 2018

USG Pertama Kali di Usia Kandungan 27 Minggu (Jengukin Dedebayi)

Pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 jam 8 pagi, aku diantar suami untuk melakukan tes USG kehamilan di RS Andhika dekat RS Sibro Malisi. Ini adalah kali pertamanya aku memeriksakan kandunganku di RS Andhika karena setiap bulannya aku kontrol kandungannya di Puskesmas Kec. Pasar Minggu. Dikarenakan di Puskesmas tersebut tidak ada fasilitas USG saya harus ke RS untuk melakukan pemeriksaan USG karena selama hamil belum pernah sekalipun periksa USG.

Sesampainya di RS Andhika (kira-kira jam 8.30) aku langsung ke bagian pendaftaran untuk mendaftarkan diri. Tak lupa aku membawa buku pink (buku kesehatan Ibu dan Anak) yang berisi catatan kesehatan selama kehamilan, buku tersebut diminta petugas rumah sakit untuk mencatat perkembangan kehamilanku.

Karena BPJS ku masih bermasalah, aku termasuk kategori pasien Umum. Aku mendapat nomer antrian 23. Suasana di RS itu terlihat sepi, namun ternyata pasien ibu hamil yang sedang menunggu di Poli Kandungan sudah banyak sekali yang mengantre. Wow.

Dokter kandungan yang sedang praktek dihari itu adalah dr. Husni, S.POg. Aku dipanggil petugas untuk dilakukan pemeriksaan Berat Badan dan Tensi Darah, setelah itu mengantre ke Poli Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Aku dan suami menunggu dengan sabar antrian, kirain Cuma nunggu sebentar. Ehh.. ngga taunya jam 11.30 baru dipanggil masuk ke ruang pemeriksaan.
What? Antrinya 2,5 jam! Aku udah lemes dehidrasi, keliyengan, dan keringet dingin. Karena takut pingsan, akhirnya aku minta beliin air minum sama suamiku. Saat itu aku memang sedang puasa ganti niatnya mau nyicil bayar puasa, namun ternyata aku keringet dingin gitu jadi takut kenapa-kenapa. Akhirnya kuputuskan untuk tidak melanjutkan puasanya. Tak lama kemudian suamiku mencarikan roti dan air minum, aku langsung membatalkan puasanya. Dan kondisiku berangsur membaik. Alhamdulillah.

Tak lama kemudian, suster memanggil namaku untuk diperiksa oleh dr. Husni,S.POg. Aku dan suamiku masuk ke dalam ruang periksa. Tidak sabar untuk melihat dede di layar USG.
dr. Husni, S.POg menyapa kami dengan hangat.

“Assalamualaikum”

Kami menjawabnya dengan wa’alaikumsalam.. setelah bercakap-cakap sebentar mengenai usia kandungan dll aku diminta berbaring di tempat tidur untuk diperiksa perutnya. Ada suster yang membantuku untuk diperiksakan. Perutku diolesi semacam gel sebelum diperiksakan dengan alat USGnya oleh dr. Husni.

Wahhh.. ituu dedebayinyaa(dalam hatiku)

Dr. Husni menjelaskan kepada kami bagian apa-apa saja yang Nampak di monitor USG. Dkarenakan ini USG 2D jadi kurang jelas. Tapi terlihat disana ada bayangan tangan dede dan deteksi detak jantung dedebayinya.
Hasil dari USG nya Alhamdulillah berat badan bayinya normal. Jenis kelamin bayinya diperkirakan 90% perempuan.

Alhamdulillah normal..

Tak lupa aku konsultasikan mengenai keluhanku yang sudah seminggu aku rasakan yaitu nyeri punggung dan keringat dingin.
Untuk nyeri punggung, dr. Husni hanya menyarankan untuk dipijat saja kalau malam pakai yang hangat-hangat kaya conterpain gitu. Untuk keringat dinginnya diprediksi karena penyakit Maag yang disebabkan si ibu tidak teratur makannya. Akhirnya aku pulang dikasih resep obat maag.

Berikut ini rincian biaya USG di RS Andhika Jagakarsa (Per Agustus 2018 - Harga mungkin akan berubah sewaktu-waktu)
Biaya pendaftaran pasien baru       : Rp 30.000
Biaya konsultasi dokter                  : Rp 100.000
Biaya USG 2D dan dicetak             : Rp 100.000
Obat Maag                                       : Rp 8.000    __+
Total                                                 : Rp 238.000,-

Sekian ceritaku mengenai pemeriksaan USG kehamilanku yang pertama kali. Semoga bermanfaat buat bumil yang lagi cari info mengenai biaya USG.

 Dengan USG, mama dan papa  jadi bisa tahu perkembangan dedebayi yang ada di dalam kandungan, BB bayi, detak jantungnya, hingga jenis kelaminnya untuk membantu mempersiapkan perlengkapan kelahiran bayi nantinya.
Semoga sehat-sehat terus ya mama dan dedebayi… papanya juga,.. aamiin<3 aamiin..="" nbsp="" o:p="">


hasil USG 2D
Buku Periksa Kehamilan yang harus dibawa setiap kontrol kandungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini