18 Mei 2014

[Review Buku] - Cerdas Bersama Poc 'n Pic Antariksa



Judul Buku : Cerdas Bersama Poc ‘N Pic Antariksa
Teks dan Ilustrasi oleh Anthony ann & Selviya Hanna
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Jakarta: 2011

Minggu pagi ini saya menghabiskan membaca sebuah buku tentang antariksa atau luar angkasa.  Buku ini berjudul Cerdas bersama Poc n Pic Antariksa. Buku yang di desain khusus untuk anak-anak ini merupakan buku kartun bergambar yang berisi informasi tentang Antariksa. Buku anak-anak ini sengaja aku beli karena aku suka dengan hal-hal yang berbau luar angkasa. Selain itu, karena bukunya full color dan seperti komik, aku jadi semakin tertarik memilikinya. Jadi membacanya tidak terasa berat seperti membaca enslikopedia.
Dalam buku ini kita akan dikenalkan tentang Antariksa melalui kenakalan Poc si biksu kecil yang cerdas dan Pic sang siluman yang lugu dan selalu ingin tahu. Komik yang lucu tapi sangat berbobot. Jadi kalau ingin memilih bacaan yang ringan tapi berbobot, buku ini bisa menjadi alternatif bacaan hiburan buat siapa saja.
Namun, sayangnya di dalam buku ini foto-foto asli ruang angkasa tergolong minim. Jadi hanya gambar-gambar kartun saja. Alangkah lebih baik jika foto-foto asli benda-benda luar angkasa lebih banyak agar menambah rasa kagum pembaca karena menjadi lebih mudah membayangkan ke luar biasaan alam semesta.
 Overall, aku suka dengan cara penulis menjelaskan tentang science dengan lebih ringan dan lebih menyenangkan sehingga dapat sangat mudah dimengerti oleh para pembaca, pembaca anak-anak khususnya.  Dan, dengan membaca ini semoga rasa takjub kita terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Besar kita bertambah dan menambah rasa tunduk kita kepada-Nya.

Kutipan favorit :
“Jupiter bisa dikatakan planet terbesar di tata surya kita. 1000 bumi bisa masuk kedalamnya. Namun, 900 Jupiter bisa masuk ke dalam matahari.” – h. 100
Kebayang ga sih antariksa itu segede apa?? Gini deh, Tau Jakarta kan seluas apa?? Apalagi bumi ??? apalagi Jupiter yang 1000x lipat dari bumi, dan apalagi matahari ?? plus, matahari itu bintang yang tergolong kecil masih banyak bintang-bintang lain yang besarnya 500x lipat dari matahari yaitu bintang Betelgeuse dan bahkan ada juga bintang yang besarnya 2000x lipat matahari ? Alamaakk… Masya Allah…

Tuhanku, Sang Pencipta jagat raya…
Kami tidak akan pernah mampu membayangkan betapa luas dan besarnya jagat raya ini yang pastinya Dzat-Mu jauh lebih besar dan luas dari mereka. Di tengah tata surya ini, kami hanya bagaikan sebutir debu di lautan.
 Engkaulah Tuhan kami Yang Maha Besar, maka tambahkanlah kami ilmu agar bisa lebih mengenal ciptaan-Mu.
Ampunilah kami, rahmatilah kami.
Aamiin.

Ini memang bukan buku agama, tapi buku ilmu pengetahuan ini seharusnya juga bisa menambah iman kita dan bisa mendekatkan diri pada Tuhan dengan segala kesempurnaan ciptaan-Nya.

Subhanallah, walhamdulillah, walailahailallah, allahu akbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini