17 Juli 2012

Program Wajib Belajar 12 Tahun di Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melaksanakan program Wajib Belajar 12 tahun, seiring pada hari pertama pelaksanaan Tahun Ajaran 2012/2013.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, pelaksanaan program Wajib Belajar 12 tahun di ibu kota berlangsung lancar sesuai rencana yang ditetapkan Gubernur DKI Jakarta.

"Wajib Belajar 12 tahun sudah mulai efektif berlaku di tahun ajaran baru ini dan kemarin saya sudah keliling untuk memantau pelaksanaan di Ibukota," kata Taufik usai mendampingi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau pelaksanaan hari pertama tahun ajaran 2012/2013 di SMKN 22, Condet, Jakarta Timur, Senin (16/7).

Ia mengatakan, para orang tua siswa saat ini tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lagi, misalnya uang untuk seragam.

"Sekolah dilarang mengenakan biaya tambahan saat siswa masuk ke sekolah," ujar Taufik.

Sementara Gubernur DKI, Fauzi Bowo mengungkapkan, pihaknya akan menjadikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Ibukota menjadi arus utama di jenjang pendidikan tingkat menengah.

"Pemprov DKI berencana meningkatkan kualitas siswa serta alumnus dengan menyediakan Biaya Operasional Pendidikan untuk setiap siswa serta menyiapkan program sertifikasi," ungkapnya.

Gubernur menjelaskan, program sertifikasi sedang dirancang dan segera diterapkan agar alumnus SMK mendapat nilai lebih. Alhasil, alumnus SMK yang mengantongi sertifikasi bisa mendapat gaji melebihi lulusan SMK non sertifikasi serta menjadikan sertikat sebagai agunan untuk modal usaha.

"Pemprov DKI telah berkordinasi dengan dunia usaha terkait program sertifikasi ini," jelasnya.

Guna menopang program pendidikan di Ibukota, Fauzi Bowo menegaskan, pihaknya akan menindak tegas praktik pungutan liar sekolah di Jakarta. Fauzi mengimbau orang tua murid melaporkan praktih pungli ke Dinas Pendidikan atau langsung kepada dirinya.

"Kalau ada terima itu, laporkan ke dinas dan laporkan ke saya," tambahnya.(Ant/DNI)


Tags: Wajib Belajar 12 Tahun, Sekolah Gratis sampai SMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini