18 Juli 2012

Belajar TOEFL Mandiri Lebih Efektif Ketimbang Kursus, Ini Caranya

Banyak orang sibuk mencari tempat les 'bergengsi dan mahal' untuk lulus TOEFL dengan nilai bagus. Padahal hasilnya? Selalu memuaskankah? Anda perlu mengubah paradigma, belajar TOEFL mandiri sangatlah lebih progresif. Ikuti tips berikut ini!


Pertama, niatkan bahwa Anda BENAR-BENAR ingin belajar dulu. Ini step awal. Tanpa starting point ini, jangan nekad memulai TOEFL.


Kedua, pastikan Anda memiliki buku panduan TOEFL standar universal yang lengkap (termasuk CD listeningnya) dan tebal lembar latihannya. Baron's, Cliff's atau Cambridge bisa jadi alternatif.


Ketiga, ketika berlatih mandiri ada kiat-kiat tersendiri untuk sesi Listening, Structure, dan Reading Comprehension. Di sesi Listening, kuncinya adalah membiasakan diri dengan English verbal speaking. Bisa dibiasakan dengan mendengarkan percakapan, lagu, film, dan sebagainya yang serba in English, yang semua itu sudah sangat mudah untuk diakses di era ini; HP bisa menjadi saran efektif untuk menyimpan file-file recording tersebut sehingga mudah kita pakai setiap saat. Ingat, selalu take-note dan lakukan REVIEW untuk setiap aktifitas tersebut.

Di sesi Structure, kuncinya adalah never stop mencoba banyak dan lebih banyak latihan soal dengan SELALU MEREFERENSI kepada kunci jawaban; karena jenis-jenis soal akan selalu membahas kategori-kategori soal serupa yang HANYA DIIMPROVISASI saja. Semakin berlatih, semakin mahirlah Anda.

Di sesi Reading Comprehension, kuncinya adalah membiasakan diri dengan membaca bacaan-bacaan ilmiah (terutama dari buku TOEFL sendiri) dengan SELALU MENCATAT kata-kata kunci yang belum Anda ketahui maknanya. Sehingga Anda perlu satu buku khusus untuk mengkoleksi kata-kata tersebut. Hati-hati, aktifitas ini bisa sangat membosankan. Pandai-pandailah mengatur mood.

Keempat, jika sudah terbiasa, buatlah target-target progresif seperti, melakukan pembatasan waktu tiap sesi untuk meningkatkan speed Anda dalam mengerjakan TOEFL.

Dengan empat langkah tersebut, god-willing Anda akan berhasil menguasai TOEFL secara mandiri. Selamat mencoba dan Semoga berhasil!
Diterbitkan di: 17 Februari2011   


Sumber: http://id.shvoong.com


Tags: Belajar TOEFL MANDIRI, LATIHAN TOEFL SENDIRI

Software TOEFL Gratis untuk Belajar di rumah! :D >> Download
Comments
2 Comments

2 komentar:

Write down your comment here / Tulis Komentar disini