18 Mei 2009

BENTUK EVALUASI KURIKULUM

BENTUK EVALUASI KURIKULUM

Dalam persentasi Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd

PENILAIAN FORMATIF (MONITORING)

 Dilaksanakan pada saat berlangsungnya suatu program

 Tujuan utamanya memperbaiki kelemahan sesegera mungkin, build in dalam pelaksanaan program

 Dilaksanakan secara kontinu agar objektif dan komprehensif

 Hasilnya segera disusun dan digunakan dalam program selanjutnya

 Alat penilaian : observasi, wawancara, tes

 Penilai : pengajar/pelatih, kepala diklat, supervisor, tim penilai khusus

Segi yang dinilai : pelaksanaan pengajaran, penilaian, bimbingan, administrasi, penggunaan sumber belajar, sarana pendidikan, dll.

PENILAIAN SUMATIF

 Dilaksanakan setelah selesainya suatu program

 Tujuan utamanya menilai keberhasilan suatu program dilihat dari tujuan yang telah ditentukan sebelumnya

 Aspek yang dinilai terutama produk atau hasil dari program

PROSEDUR EVALUASI KURIKULUM

TAHAP PERSIAPAN

 Menyusun TOR (term of reference)

 Target dan sasaran penilaian

 Lingkup dan objek yang dinilai

 Alat dan instrumen yang digunakan

 Prosedur dan cara penilaian

 Organisasi pelaksana

 Biaya

 Dsb.

 Klarifikasi (penjabaran dari TOR)

 Mengadakan penelaahan perangkat evaluasi (tujuan, isi, strategi, sumber data, instrumen, dan jadwal)

 Ujicoba Penilaian (try-out)

 Melaksanakan teknik dan prosedur penilaian di luar sampel penilaian

 Tujuannya untuk melihat keterandalan alat penilaian dan melatih tenaga penilai

 Hasil ujicoba dijadikan dasar perbaikan dan penyempurnaan

TAHAP PELAKSANAAN

 Pengumpulan data lapangan

 Penyusunan dan pengolahan data

 Penyajian/deskripsi data

 Menentukan judgement, rekomendasi, implikasi

 Menyusun laporan

Sumber: http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/11/evaluasi-kurikulum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini