18 Mei 2009

PRINSIP DAN KOMPONEN KURIKULUM

Kurikulum merupakan suatu sistem yang memiliki komponen-komponen tertentu. sistem kurikulum terbentuk oleh empat komponen, yaitu komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapain tujuan dan komponen evaluasi. Sebagai suatu sistem setiap komponen harus saling bekaitan satu sama lain. Manakala salah satu komponen yang membentuk sistem kurikulum terganggu atau tidak berkaitan dengan komponen lainya, maka sistem kurikulum pun akan terganggu pula.

Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menunjuk pada pengertian tentang berbagai hal yang harus dijadikan patokan dalam menentukan berbagai hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum, terutama dalam fase perencanaan kurikulum (curriculum planning), yang pada dasarnya prinsip-prinsip tersebut merupakan ciri dari hakikat kurikulum itu sendiri. Esensi dari pengembangan kurikulum adalah proses identifikasi, analisis, sintesis, evaluasi, pengambilan keputusan dan kreasi elemen-elemen kurikulum.

Berkenaan dengan model-model dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, maka bab 3 ini akan akan mengantarkan Anda untuk akan memahami komponen-komponen pengembangan kurikulum yang meliputi komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapain tujuan dan komponen evaluasi. Dan pada kegiatan belajar 2 itu Anda juga memahami berbagai hal yang terkait dengan prinsip pengembangan kurikulum, sumber-sumber prinsip, berbagai tipe prinsip dalam pengembangan kurikulum.

Secara spesifik setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat:

1. Menjelaskan landasan komponen-komponen pengembangan kurikulum.

2. Mengidentifikasi komponen-komponen pengembangan kurikulum dalam perencanaan program pembelajaran dan pendidikan.

3. Menganalisa komponen-komponen pengembangan kurikulum yang perlu dijadikan dasar pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran dan pendidikan.

4. Menjelaskan pengertian prinsip pengembangan kurikulum.

5. Menjelaskan sumber-sumber prinsip pengembangan kurikulum.

6. Menjelaskan berbagai tipe prinsip dalam pengembangan kurikulum.

7. Memberikan contoh macam-macam prinsip dalam pengembangan kurikulum.

Sumber: http://merpatiduta.blogspot.com/2008/12/komponen-kurikulum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini