18 Mei 2009

Asesmen Alternatif

Asesmen Alternatif

1.. Pengertian

Asesmen alternatif diartikan sebagai pemanfaatan pendekatan non-tradisional

untuk memberi penilaian kinerja atau hasil belajar mahasiswa. Ada kalanya

asesmen alternative diidentikan dengan asesmen otentik atau asesmen kinerja.

Asesmen otentik yang dapat diartikan sebagai proses penilaian perilaku kinerja

mahasiswa secara multidimensional pada situasi nyata sedangkan asesmen kinerja

diartikansebagai penilaian terhadap proses perolehan, penerapan pengetahuan

dan ketrampilan melalui proses pembelajaran yang menunjukkan kemampuan

mahasiswa dalam proses maupun produk.

2. Bentuk

Asesmen alternative dapat diberikan dalam bentuk :

a. Asesmen Kinerja (Performance Assesment)

Asesmen kinerja dapat dilakukan dengan memberikan Task (contoh tugas)

dan Rubrik.

Contoh Tugas dalam pembuatan asesmen kinerja adalah sebagai berikut :

Lakukan penelitian sederhana mengenai pengaruh pemilihan kepala daerah

secara langsung terhadap kehidupan rakyat menengah ke bawah, lakukan kegiatan

penelitian ini di lingkungan tempat tinggal mahasiswa minimal mencakup satu

kelurahan. Anda dapat memilih satu, sebagian atau keseluruhan aspek kehidupan

berikut :

1) Ekonomi

2) Sosial

3) Politik

4) Ketertiban dan keamanan

Tugas ini meliputi :

1) Pengembangan rancangan penelitian (termasuk proposal sederhana)

2) Pengembangan instrument yang diperlukan untuk mengumpulkan data

3) Pengumpulan data

4) Analisis data

5) Penulisan laporan penelitian

6) Penyampaian laporan secara lisan dalam suatu seminar kelas

Rubrik merupakan wujud asesmen kinerja yang dapat diartikan sebagai

kriteria penilaian yang bermanfaat membantu dosen untuk menentukan tingkat

ketercapaian kinerja yang diharapkan. Sebagai kriteria dan alat penskoran rubrik

terdiri dari senarai yaitu daftar kriteria yang diwujudkan dengan dimensi-dimensi

kinerja, aspek-aspek atau konsep-konsep yang akan dinilai, dan gradasi mutu,

mulai dari tingkat yang paling sempurna sampai dengan tingkat yang paling buruk.

2. Asesmen Portofolio

Asesment Portofolia adalah asesmen yang terdiri dari kumpulan hasil karya

mahasiswa yang disusun secara sistimatik yang menunjukkan dan membuktikan

upaya belajar, hasil belajar, proses belajar dan kemajuan yang dilakukan

mahasiswa dalam jangka waktu tertentu.

Langkah-langkah dalam melaksanakan Asesmen Portofolio :

a. Tahap Persiapan

1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan diakses dengan

Asesmen Portofolio Menjelaskan pada mahasiswa bahwa akan

dilaksanakan Asesmen Portofolio, proses yang harus ditempuh

mahasiswa, bilaperlu diperlihatkan contohnya.

2) Menjelaskan bagian mana, seberapabanyak kinerja dan hasil

karyayang secara minimal haus disertakan dalam portofolio, dalam

bentuk apa dan bagaimana hasil karya akan diakses.

3) Menjelaskan bagaimana hasil karya harus disajikan.

b. TahapPelaksanaan

1) Dosen mendorong dan memotivasi mahasiswa

2) Dosen mendiskusikan secara rutin dengan mahasiswa tentang proses

pembelajaran yang akan menghasilkan karya mahasiswa.

3) Memberikan umpan balik secara berkesinambungan.

4) Memamerkan keseluruhan hasil karya mahasiswa yang disimpan

dalam portofolio bersama mahasiswa lain.

c. Tahap Penilaian

1) Menegakkan kriteria penilaian bersama sama atau dengan partisipasi

mahasiswa.

2) Kriteria yang disepakati dlaksanakan secara konsisten olehdosen dan

mahasiswa.

3) Arti penting dari tahap penilaian ini adalah self Assesment yang

dilakukan oleh mahasiswa.

4) Hasil penilaiandijadikan tujuan baru bagi proses pembelajaran

berikutnya.

Sumber: http://lpp.uns.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini