18 Mei 2009

Anak Tunalaras dan Kebutuhan Pembelajarannya


Tunalaras

Bila kita mengajar maka pasti akan menghadapi satu atau dua anak yang mengalami kelainan tingkah laku. Di dalam dunia PLB dikenal dengan nama anak tunalaras (behavioral disorders). Kelainan tingkah laku ditetapkan bila mengandung unsur:

1. Persepsi kita bila tingkah laku anak menyimpang dari standart yang diterima umum.

2. Derajat penyimpangan tingkah laku dari standart sudah Exstrim.

3. Lamanya waktu pola tingkahlaku itu dilakukan.

Kebutuhan Pembelajaran Anak tunalaras

Hal yang perlu diperhatikan guru adalah:

Mengingat kelainan tingkah laku ini banyak disebabkan oleh lingkungan maka penataan lingkungan merupakan salah satu pendekatan yang perlu diperhatikan oleh guru. Kita setuju bahwa kelainan tingkah laku disebabkan oleh anak itu sendiri tetapi mungkin disebabkan oleh guru itu sendiri atau hasil interaksi antara guru dan anak. Assessment dari masalah tingkah laku, situasi masalah, lingkungan anak, harus diselesaikan dulu bila ingin mengatasi masalah kelainan tingkah laku pada anak.

Oleh Drs. Irham Hosni

Sumber: http://www.ditplb.or.id/profile.php?id=64 (7 April 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini