11 Mei 2009

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran

a. Pengertian Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran

§ Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah suatu pandangan dalam mengupayakan cara siswa berinteraksi dengan lingkungannya.

Kategori pendekatan pembelajaran :

1. Pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher oriented)

2. Pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa (leaner oriented)

Pendekatan inovatif dalam strategi pembelajaran diperlukan untuk mengaktifkan keterlibatan siswa secara mandiri dalam proses pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada proses penemuan (discovery) dan pencarian (inquiry).

Makna pendekatan inquiry :

1. Dapat membangkitkan potensi intelektual siswa

2. peserta didik yang semula memperoleh extrinsic reward dalam keberhasilan belajar (mendapat nilai baik), dalam pendekatan inquiry dapat memperoleh inquiry dapat memperoleh intrinsic reward.

3. Peserta didik dapat mempelajari heuristic (mengolah pesan atau informasi) dari penemuan.

4. dapat menyebabkan ingatan bertahan lama sampai terinternalisasi pada diri peserta didik.

§ Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pelajar untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik mencapai tujuuan pembelajaran yang diharapkan dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar.

Strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain, strategi pembelajaran mengandung arti yang lebih luas dari metode dan teknik. Artinya, metode dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.

Komponen Strategi Belajar:

1. Kegiatan pembelajaran pendahuluan

2. Penyampaian Informasi

3. Partisipan Peserta Didik

4. Kegiatan lanjutan

§ Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Teknik pembelajaran adalah jalan atau alat atau media yang digunakan guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin di capai. Teknik pembelajaran seringkali disamakan artinya dengan metode pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural yang berisi tahapan-tahapan tertentu, sedangkan teknik adalah cara yang digunakan, yang bersifat implementatif.

b. Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Jenis-jenis metode pembelajaran :

1. Metode proyek, metode ini betitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara komprehensif dan bermakna.

2. Metode eksperimen, metode ini mengedepankan aktivitas percobaan, sehingga siswa mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

3. Metode tugas/resitasi, metode ini guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.

4. Metode diskusi, dalam metode ini siswa dihadapkan pada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkanbersama.

5. Metode sosiodrama, dalam metode ini siswa mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.

6. Metode demontrasi, metode ini mengedepanka peragaan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang dipelajari.

7. Metode problem solving, metode ini mengedepankan metode berfikir untuk menyelesaikan masalah dan dukung dengan data-daya yang ditemukan.

8. Metode karya wisata, metode ini mengajak siswa ke luar kelas dan meninjau dan mengunjungi objek-objek lainnya sesuai dengan kepentingan pembelajaran.

9. Metode tanya jawab, metode ini menggunakan sejumlah latihan, metode ini menggunakan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab murid.

10. Metode latihan, metode ini dimaksudkan untuk menanamkan sesuatu yang baik atau menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu.

11. Metode ceramah, metode ini merupakan metode tradisional, namun tetap memiliki fungsinya yang penting untuk membangun komunikasi antara pengajar dan pembelajar.

Tugas Diskusi Kelompok

Mata Kuliah Teori Belajar & Pembelajaran

Sumber: Modul MKDK Teori Belajar & Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini