25 Mei 2009

SISTEM PENGELOLAAN KESISWAAN VIA WEB


1 Pendahuluan
1.1 Tujuan Penulisan Dokumen
Dalam sebuah lembaga seperti sekolah, kesiswaan merupakan roh kedua bagi sekolah setelah kurikulum, karena siswa merupakan object yang akan menjadi output sekolah, dan menjadikan sekolah dikatakan berhasil jika mencetak siswa yang memiliki prestasi yang baik, dan siswa adalah konsumen yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya.
Maka dengan demikian dokumen ini membahas tentang proses pelayanan kepada siswa maupun orang tua untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya, dengan mempersiapkan sebuah software dengan label “SISTEM INFORMASI KESISWAAN BERBASIS WEB”.
Dokumen ini diharapkan menjadi acuan sebagai pertimbangan bagi Kepala Sekolah sebagai pimpinan untuk membangun sebuah sistem informasi, dan yang nantinya sebagai pemilik lisensi software ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha sebagai pengarah operasionalisasi software, serta programmer yang akan merancang software sistem informasi kesiswaan berbasis web.
1.2 Lingkup Masalah
Pelayanan kepada siswa, diantaranya pembuatan dokumen-dokumen penting seperti ulangan harian, raport tiap semester, transkrip nilai, bidang keuangan serta informasi-informasi kegiatan kesiswaan seperti magang industri, pelaksanaan ulangan umum, jadwal pelajaran.
Dengan software Sistem Informasi Kesiswaan Berbasis Web ini, kegiatan secara konvensional kesiswaan yang membutuhkan banyak kertas serta biaya, dapat ditekan dengan mengetengahkan informasi secara elektronik.
Software atau perangkat lunak ini akan menjadi sebuah link di web site sekolah.
1.3 Definisi, Istilah dan Singkatan
a. Sistem : Kumpulan dari element-element yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu
b. Environment : Hal-hal yang diluar sistem yang mempengaruhi operasi sistem
c. Input : Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem
d. Output : Hasil energi yang di oleh sistem
e. Proses : Bagian yang memproses masukkan untuk menjadi keluaran yang diinginkan
1.4 Aturan Penomoran
Aturan penomoran yang digunakan dalam dokumen adalah untuk kesiswaan ditandai SIS-001 untuk siswa untuk SIS-002 untuk orang tua, untuk administrator ditandai oleh ADM-001 untuk kepala sekolah, ADM-002 untuk Kepala Sub Bagian TU dan untuk operator oleh ORT-001 dan untuk guest (tamu) ditandai dengan penomoran GST-001.
1.5 Referensi
a. Web Site
- http://www. ilmukomputer.org/
- http://www. e-learningcenter.co.uk/
- http://www. e-learningguru.com/
- http://www. elearningguild.com/

b. Buku
- Membangun sistem e-learning, Dr. Ono Widodo Purbo dan Antomus Adtya Hartanto (2002), elexmedia komputindo, Jakarta.
- Dasar pemrograman web dinamis menggunakan PHP, Abdul Kadir (2002), Andi Offset, Yogyakarta
1.6 Deskripsi Umum Dokumen (Ikhtisar)
BAB I Pendahuluan yang terdiri dari tujuan penulisan dokumen, lingkup masalah, definisi istilah dan singkatan, aturan penomoran, referensi dan deskripsi umum dokumen
BAB II Kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari deskripsi umum sistem, fungsi utama perangkat lunak, karakteristik penguna, kebutuhan antar muka eksternal, batasan sistem, lingkungan operasi.

2 Kebutuhan Perangkat Lunak
2.1 Deskripsi Umum Sistem
Teknologi komputasi client-server khususnya yang menggunakan teknologi internet/intranet dan teknologi basis data semakin berkembang pesat, sejalan dengan itu kebutuhan akan aplikasi sistem informasi yang tidak dibatasi ruang dan waktu juga semakin meningkat.
Fasilitas internet dengan perangkat teknologi penunjangnya memungkinkan dikembangkannya sistem informasi kesiswaan yang memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemudahan dalam mendistribusikan informasi kesiswaa, mudah dan praktis karena dapat diakses dari manapun dan kapanpun, memiliki akses informasi yang lebih cepat, murah dan lebih baik serta mampu menurunkan biaya atas kebutuhan penyampaian dan penyebaran informasi.
Kesiswaan adalah bagian atau komponen dari sekolah yang memberdayakan siswa sebagai konsumen yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya.. Sistem Informasi Kesiswaan adalah sebuah sistem informasi berbasis web/intranet untuk mengelola data-data seluruh informasi yang tetap yang dimiliki oleh setiap siswa yang tercatat di sekolah. Dari sistem ini diharapkan pemeliharaan terhadap data-data penting kesiswaan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan arsip sekolah terutama nilai-nilai kesiswaan menjadi lebih terkontrol, dan semua potensi yang dimiliki sekolah khususnya kesiswaan tetap dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar.
2.2 Fungsi Utama Perangkat Lunak
Memuat fungsi-fungsi utama perangkat lunak yang utama dan diberikan langsung ke pengguna, kemudian dilanjutkan dengan deskripsi terhadap fungsi utama yang dapat terdiri dari kebutuhan yang berbasis fungsional perangkat lunak dan kebutuhan non fungsional dari perangkat lunak yang akan dibangun. Deskripsi fungsi ini harus dinyatakan dengan jelas dalam kalimat yang lengkap (jelas subyek, predikat, dan objek-nya) dan setiap fungsi diberi kode dengan aturan penomoran yang telah dijelaskan sebelumnya.
2.2.1 Kebutuhan Fungsional
Daftar kebutuhan dideskripsikan dalam bentuk tabel dengan perspektif pengguna/user, contoh:
1. Pengguna : Administrator
No. Kode Fungsi Nama Fungsi Deskripsi
1 SKPL-F-001 Login Merupakan fungsi yang digunakan oleh pengguna
untuk dapat masuk dalam sistem yang akan digunakan.
2 SKPL-F-002 Pengelolaan Data User Merupakan fungsi yang digunakan untuk mengelola data user atau pengguna sistem, yaitu pengguna yang dapat berinteraksi dengan sistem (Entry, Edit, Delete, Search & Display Existing
User).
2 SKPL-F-002 Menu Pilihan Merupakan fungsi dari perangkat lunak sebagai fasilitas bagi pengguna untuk memilih fungsi yang akan dijalankan
2. Pengguna : Operator
No. Kode Fungsi Nama Fungsi Deskripsi
1 SKPL-F-003 Menu Pilihan Merupakan fungsi dari perangkat lunak sebagai fasilitas bagi pengguna untuk memilih fungsi yang akan dijalankan

http://syaefudinsyech.blogspot.com/2009/04/sistem-pengelolaan-kesiswaan-via-web.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write down your comment here / Tulis Komentar disini